NAMA
: Syifaul Ummah
NIM
:B73211080
ALAMAT RUMAH
:Bapuh Baru, Glagah, Lamongan.
TTL
:Lamongan, 01 Agustus 1994
HOBBY
:Berenang, bersepeda, opo aea weeezzZz.
CITA2
:Dadi Wong Seng Apik, Ndunyo Akhirat.
Status :mahasiswi
TUGAS-TUGAS MANAJEMEN
TUGAS PERTAMA
DILEMA MANAJER
Mencapainya
perusahaan dilihat dari penggerakan karyawan, seorang pemimpin harus memiliki
cara pendekatan yang khas pemimpim harus berkomunikasi, memberi petunjuk,
berfikir kreatif, berinisiatif, dan memberi stimulasi pada karyawan.
Kepuasan konsumen dalam
perusahaan. Kita harus dapat memahami prilaku konsumen tersebut dengan:
- Membangun hubungan baik dengan konsumen.
- Pelayanan yang unggul pada konsumen.
- Garansi yang mutlak.
- Penanganan keluhan konsumen secara efektif.
1. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen
kepuasan konsumen dapat dibentuk melalui hubungan baik dengan konsumen dalam jangka panjang sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Hubungan yang lebih dekat dengan konsumen bila dikombinasikan dengan kualitas produk yang tinggi dan pelayanan yang cepat dapat digunakan untuk memperoleh keunggulan bersaing.
2. Pelayanan yang Unggul pada Konsumen
Perusahaan yang menawarkan layanan yang lebih baik biasanya membebankan
harga yang lebih tinggi untuk produk mereka. Perusahaan yang memberikan layanan
yang lebih tinggi cenderung mempunyai market share lebih besar dan tumbuh lebih
cepat dibanding pesaing yang memberikan layanan rendah.
3. Garansi yang Mutlak
Keberadaan garansi merupakan peluang lain untuk menciptakan kepuasan konsumen. Garansi yang didesain dengan baik akan menghasilkan beberapa keuntungan loyalitas konsumen yang pada akhirnya akan melakukan pembelian ulang.
4. Penanganan Keluhan Konsumen secara Efektif
Penanganan keluhan konsumen menawarkan peluang untuk mengubah ketidakpuasan konsumen menjadi puas atas produk perusahaan secara cepat.
TUGAS KE-DUA
TOYOTA WASY
Nama Toyota tentu saja sudah tidak
asing lagi di telingah kita, pabrikan kendaraan ternama itu sudah lama merambah
ke tanah air kita bahkan mendapat antusias yang luar biasa dari para pribumi
yang belum bisa memproduksi kendaraan sendiri, pabrikan dalam negeri yang
berusaha meluncurkan mobil SMK itu saja belum dapat izin kelayakan jalan. Tapi
Toyota yang sejak lama mengeluarkan mobil dengan mudahnya bisa mendapat izin
kelayakan jalan, hal itu tak lepas dari filosofi perusahaan tersebut.
Toyota pertama kali
menjadi perhatian dunia dengan kualitas dan efisiensi yang istimewa.
mobil-mobil dari jepang bertahan lebih lama dibandingkan dengan mobil-mobil
buatan amerika. Purna jual lebih baik dan memerlukan sedikit reparasi
dibandingkan dengan produk-produk mobil buatan perusahaan lain. Yang istimewa
dari Toyota yaitu dalam perancangan dan pembuatan produk mobil-mobil memiliki konsistensi
pada proses produk yang bagus. Toyota merancang produknya lebih cepat, dengan
tingkat kehandalan yang lebih tinggi tetapi dengan biaya yang kompetitif,
meskipun biaya pekerja upah pekerja Jepang yang relatif tinggi. Permasalahan
dan kelemahan yang tampak di dalam Toyota segera diselesaikan dengan cepat.
Tingkat penjualan produk Toyota saat ini mencapai enam juta tiap tahun di 170
negara. Apalagi di krisis global kemarin. Saham dari perusahaan Toyota
menunjukkan kenaikan, padahal perusahaan kompetitor lain sahamnya pada turun
semua. Kondisi ini tidak terlepas dari prinsip “Toyota Ways” yang
diterapkan di perusahaan Toyota.
` Toyota dengan 14 prinsipnya bahkan
menjadikan pabrikan mobil ini menjadi yang mendapat survey tertingi dalam
urusan kepuasan para pelangganya, serta menjadikan Toyota sebagai pabrikan
kendaraan papan atas dunia, menurut Jeffrey Liker seorang professor teknik
industry Universitas of Michigan hal itu tak lepas dari prinsip Toyota ways
yang di pakai perusahaan tersebut. 14 prinsip tersebut adalah:
1.
Dasarkan
keputusan manajemen anda pada filosof jangka panjang, bahkan bila harus
mengorbankan tujuan keuangan jangka pendek
2.
Buat
alur proses yang kontinya untuk mengangkat permasalahan kepermukaan
3.
Gunakan
system tarik (pull) untuk menghindari produksi yang berlebihan
4.
Ratakan
beban kerja (heijunka), ( bekerja seperti kura-kura bukan kelinci)
5.
Bangun
budaya agar berhenti untuk memperbaiki masalah, sehingga kualitas yang tepat
diperoleh sejak pertama kali
6.
Tugas
dan proses yang berstandar merupakan dasar untuk perbaikan secara terus-menerus
dan pemberdayaan karyawan
7.
Gunakan
pengendalian visual agar tidak ada masalah yang tersembunyi
8.
Gunakan
hanya teknologi yang dapat dipercaya dan benar-benar teruji untuk melajani
orang-orang dan proses
9.
Kembangkan
pemimpin yang benar-benar memahami pekerjaannya, menjiwai filosofinya, dan
mengajarkannya kepada orang lain
10.
Kembangkan
orang-orang dan tim yang luar biasa, yang bersedia mengikuti filosofi
perusahaan anda
11.
Hormati
jaringan mirta dan pemasok dengan cara terus menantang mereka dan membantu
mereka memperbaiki diri
12.
Pergi
dan melihat sendiri untuk dapat benar-benar melihat situasi (genchi getbutsu)
13.
Ambil
keputusan secara perlahan-lahan dengan consensus, seksama dalam mengembangkan
semua pilihan, mengimplemasikan keputusan dengan cepat (nemawashi)
14.
Menjadi
Organisasi pembelajar melalui refleksi yang terus-menerus (hansei) dan
perbaikan yang berkesinambungan (kaizen)
TUGAS KE-TIGA
ANALISIS FAKTOR
INTERNAL DAN EKSTERNAL MENGGUNAKAN SWOT
PT HOLCIM
INDONESIA
1. Komitmen manajemen
PT. Holcim yang ingin menjadikan merek dan produknya sebagai pilihan utama
konsumen, maka dari itu manajemen Holcim membuat divisi baru, yaitu Marketing
& Branding. Kehadiran divisi ini merupakan bagian dari proses berbenah diri
yang dilakukan perusahaan.
2. Strategi bisnis PT.
Holcim yaitu competitive advantage diferensiasi (menciptakan inovasi
produk maupun jasa yang dibuat berdasarkan hasil survei berkala kebutuhan
pasar)
3. Strategi marketing
PT. Holcim berusaha
membangun pasar melalui Brand Building dengan memasang iklan yang
memakan biaya hingga Rp 34,91 milyar pada tahun 2006, atau 9 kali lipat biaya iklan
semen Tiga Roda milik Indocement.
4. PT. Holcim dapat mengubah
penjualan menjadi kas dalam waktu singkat. PT. Holcim mampu mengubah penjualan
menjadi kas dalam waktu 61 hari, lebih cepat dibandingkan dengan Semen Gresik
yang 76 hari, dan Indocement 106 hari (Bisnis Indonesia, 26 Maret 2008). Dengan
demikian, perputaran uang Holcim lebih baik daripada saingan usahanya sehingga
Holcim lebih fleksibel dalam menggunakan dananya.
5. Produk – produk PT.
Holcim yang tergolong produk yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya saja rumah tahan gempa, blok-blok modul
rumah tahan gempa yang efektif dan hemat biaya pembangunan, dan juga program
terbaru yang diluncurkan Holcim, yaitu program Solusi Rumah Holcim.
6. Kerjasama PT. Holcim dengan Politeknik Negeri
Jakarta untuk pemberdayaan SDM.
7. Holcim menggunakan server group internal digunakan
untuk menghubungkan pabrik-pabrik di dalam negeri, dan bertukar informasi serta
mengkoordinir program lintas pabrik Holcim.
Weaknesses/Kelemahan
1. Hutang PT. Holcim
yang sangat banyak mengakibatkan PT. Holcim harus mematok harga tinggi agar
dapat segera melunasi hutang tersebut. Menurut Bisnis Indonesia edisi 26 Maret
2008, hutang valas Holcim mencapai US$300 juta atau terbesar dibandingkan
dengan utang valas emiten semen lainnya. Rasio utang bersih Holcim adalah 91,07%,
Indocement 22,18%, dan Semen Gresik 3,8% (Ibrahimsyah, www.inilah.com).
2. Kemampuan jual yang
lebih rendah, terutama dalam eksposur penjualan perseroan ke luar Jawa.
Hal itu terjadi karena kapasitas produksi PT. Holcim merupakan yang terendah
dibandingkan Semen Gresik dan Indocement serta letak pabrik PT. Holcim yang
terpusat di pulau Jawa.
3. Bagaimanapun, semen merupakan produk yang
bersifat bulky atau mempunyai bobot yang berat, komponen biaya angkut
akan tinggi sehingga meningkatkan biaya yang harus ditanggung PT. Holcim.
Opportunities/Kesempatan
1. PT. Holcim Indonesia
Tbk. adalah milik dari PT. Holcim Ltd. yang merupakan perusahaan semen terbesar
di dunia.
2. Dengan diciptakannya
produk – produk yang inovasi, PT. Holcim memiliki kemumgkinan dapat bersaing
unggul daripada perusahaan semen semen lain yang ada di Indonesia.
3. Tim Geocycle PT.
Holcim menyediakan solusi lengkap untuk limbah industri, kotamadya dan
pertanian. PT. Holcim memelopori pembuangan yang aman ozon depleting CFC gas -
fasilitas pertama di Asia Tenggara sehingga dapat mengurangi lingkungan dari
emisi gas karbon.
4. Potensi bahan – bahan
mentah pembuatan semen di Indonesia cukup banyak.
Threats/Ancaman
1. Jangkauan pasar Semen Gresik yang
merupakan pesaing dari PT. Holcim yang sangat luas karena mempunyai Semen
Gresik untuk pasar Jawa, Semen Padang untuk kawasan Sumatra, dan Semen Tonasa
untuk wilayah.
TUGAS KE-EMPAT & KE-LIMA
DASAR-DASAR
MANAJEMEN
QUESTION
1.
Anda bertugas merengkut seorang karyawan baru untuk bekarja di wilayah tanggung jawab anda, dan
salah satu teman anda dari perguruan tinggi membutuhkan pekerjaan. Anda merasa
bahwa ia memenuhi persyaratan minimal untuk posisi itu, tetapi anda merasa
dapat menemukan calon yang lebih memenuhi syarat dan lebih berpengalaman
apabila anda terus mencari. Apa yang akan anda putuskan? Mengapa? Faktor apa
yang mempengaruhi keputusan anda?
2.
Bagaimana manajer membuat keputusan yang efektif di dunia kerja sekarang?
3.
Sebutkan enam sifat dari proses pengambilan keputusan yang efektif?
4.
Sebutkan empet gaya pengambilan keputusan?
5.
Jelaskan bagaimana manajer harus bersikap saat keputusan yang diambil
keliru?
ANSWER
1.
Saya memutuskan untuk menjadikan teman saya sebagai karyawan, karna saya
tidak mau mengharapkan sesuatu yang belum pasti, masalah keminiman posisi teman
saya, saya dapat merekomendasikannya,
kalau dia dari segi pengalaman kurang, saya dapat memakluminya karena
pengalaman itu bisa didapat sambil bekerja, faktor saya memilih dia karna saya
sedikit tidaknya tau kelebihannya dia apa, dan saya bisa merekomendasikan kalau
dia pasti bisa membantu menjunjung perusahaan ini.
2. pengambilan keputusan yang efektif yang dilakukan oleh manajer biasanya didasarkan atas:
a. keyakinan
b. intuisi
c. fakta-fakta
d. pengalaman
e. kekuasaan
Keyakinan; manajer dalam pengambilan keputusan -nya didasarkan atas
keyakinan bahwa “keputusan” inilah yang terbaik setelah diperhitungkan dan
dianalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta dampak positif dan
negative dari keputusan tersebut.
Intuisi; manajer dalam pengambilan keputusan didasarkan atas suara
hati-nya, bersifat ilham dan perasaan-perasaan-nya. Sasaran-sasaran, pengaruih, preferensi, dan sikologis individu pengambil keputusan
memegang peranan penting. Disini ilmu subjektif sangat vital. Pengambilan
keputusan secara intuitif ini sacara tidak sadar dipengaruhi oleh pengetahuan
masa lalu, latihan-latihan, dan latar belakang. Biasanya ia seorang aktivis,
dinamis, dan senantiasa bertanya tentang situasi-situasi dan ia menemukan
pemecahan atas problem-problem sulit. Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi
biasanya mengandalkan naluri, perasaan pribadi, kemampuan mental, tetapi setiap
situasi dihadapinya dengan sikap realistis dan memutuskannya menurut perasaan
saja.
Fakta-fakta; pengambilan keputusan didasarkan atas hasil analisis data,
informasi, dan fakta-fakta, serta didukung oleh kemampuan imajinasi,
pengalaman, perspektif yang tepat, dan daya pikir untuk mengimplementasikan
situasi dan kondisi masa depan. Dalam hal ini manajer jangan menjadi robot
analisis data informasi, dan fakta yang komplet. Keputusan (decision) yang
ditetapkan berdasarkan fakta-fakta ini relative baik, logis, rasional, dan
dapat dipertanggungjawabkan serta bisa diterapkan pada setiap situasi dan
kondisi.
Pengalaman; manajr dalam pengambilan keputusannya didasarkan kepada
pengalamannya dan pengalaman pihak-pihak lain. Pengalaman sangat berharga,
memberikan petunjuk-petunjuk dan memberikan jawaban atas pertanyaan “apa yang
harus dilakukan dalam situasi dan kondisi ini?” Kekuasaan; decision maker dalam
pengambilan keputusan (decision maker) harus berpedoman atas kekuasaan
(autority) yang dimilikinya, supaya keputusan (decision) itu sah dan legal
untuk diberlakukan. Hal ini disebabkan autority merupakan dasar hukum untuk
bertindak dfan berbuat sesuatu.
3. Enam sifat dari pengambilan
keputusan yang efektif:
1)
Tetapkan sasaranmu (set your goals)
Langkah
pertama tentu saja kamu harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang sedang
kamu hadapi. Kamu juga harus memiliki tujuan dan hasil yang ingin dicapai
setelah kamu mengambil keputusan. Secara umum ada 2 jenis keputusan:
a) Keputusan
ya atau tidak. Contohnya haruskah kamu membeli mobil atau haruskah kamu
berganti pekerjaan.
b) Memilih
dari pilihan yang ada. Contohnya mobil jenis apa yang akan kamu beli atau
pekerjaan apa yang terbaik buat kamu. Ini permulaan yang penting karena tujuan
akhir akan mempengaruhi caramu dalam bertindak dan berpikir. Berikan tenggat
waktu (deadline) kapan kamu harus mengambil keputusan untuk memastikan kamu
tidak terlalu lama fokus di satu masalah tanpa memperdulikan masalah yang lain.
2) Cari informasi yang tepat
Informasi
adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang
mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, interview, survey, membaca
literatur, atau meminta pendapat orang lain untuk mendapatkan informasi baik
yang subyektif maupun obyektif. Tapi ingat, jangan sampai mencari suatu
informasi pada orang yang salah atau meminta sarat dari orang yang tidak
berpengalaman misalnya meminta pendapat tentang cara mengatur keuangan dari
orang yang memiliki utang yang banyak atau cara menurunkan berat badan yang
tepat dari orang yang kelebihan berat badan. Hal-hal semacam itu kadang tidak
diperhatikan yang membuat informasi atau saran yang kamu dapat tidak benar.
3) Mencari opsi dan kemungkinan yang ada dari
berbagai sudut pandang
Dalam
mengambil keputusan, kamu harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada
terutama apabila keputusan yang kamu ambil adalah suatu keputusan yang besar.
Jelajahi setiap perspektif yang berbeda, jangan batasi dirimu oleh sesuatu yang
sudah tersedia atau sesuatu yang sudah ada di pikiranmu. Berpikir
out-of-the-box awalnya pasti tampak tidak relevan atau tidak sesuai dengan
situasi yang ada, namun justru solusi sering muncul dari ide-ide semacam itu.
Tapi, tentu saja berbagai kemungkinan itu harus didukung oleh fakta dan riset
yang benar.
4) Menganalisis tiap kelebihan dan kekurangan
opsi yang akan kamu ambil
Gunakan logika
dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan
dan kelemahan dari setiap opsi yang ada. Apa keputusan ini masuk akal? Jika ya,
mengapa, jika tidak, mengapa tidak? Apa resiko dari keputusan ini? Apa yang
bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang ada? Tanyalah pertanyaan-pertanyaan
itu pada dirimu sendiri.
5) Jangan mencoba untuk sempurna
Banyak
orang menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama kamu harus tahu
bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang
berpengalaman kadang membuat kesalahan. Kedua, meskipun kamu membuat kesalahan,
kamu bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat
berharga
6) Lakukan, meskipun keputusanmu sulit
Seringkali,
kamu harus menghadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Jika kamu
menghadapi situasi semacam itu, jangan terus menghindar karena kamu hanya
menambah masalah. Keputusan seperti apakah kamu harus mengakhiri sebuah
hubungan atau apakah kamu harus berganti pekerjaan, memang bukan keputusan yang
mudah namun kamu tetap harus membuat suatu keputusan tegas agar kamu tidak
berlama-lama berkonsentrasi di satu situasi dan mengabaikan masalah lain yang
menunggu keputusanmu juga.
4.
1. Analisis
2. konseptual
3. prilaku
4.mengarahkan
5.
Di
antara upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keputusan yang telah
diambil adalah dengan memberlakukan
aturan keputusan, dan dengan melakukan penganbilan keputusan secara tim atau
kelompok.
1.
penggunaan
aturan terhadap alternatif keputusan.
Penggunaan aturan pada dasarnya dilakukan untuk memastikan apakah
alternatif keputusan yang diambil akan memenuhi kriteria-kriteria yang dianggap
harus dipenuhi untuk setiap keputusan. Kreteria tersebut dapat dibagi 2, yaitu kriteria prioritas dan kriteria minimum.
KRITERIA PRIORITAS. Untuk kriteria ini, setiap alternatif keputusan
akan disusun berdasarkan tingkat prioritasnya dari prioritas tertinggi hingga
terendah, sehingga keputusan yang akan diambil paling tidak memenuhi syarat
prioritas untuk dilakukan.
KRITERIA MINIMUM. Untuk kriteria ini, setiap alternatif keputusan
yang akan diambil haruslah memenuhi syarat minimum yang telah ditetapkan untuk
memastikan bahwa keputusan apa pun yang diambil dapat memenuhi tujuan yang
sudah ditetapkan.
2.
Pengujian
terhadap berbagai alternatif keputusan
Perusahaan dihadapkan kepada tiga alternatif strategis, misalnya saja:
1) pemberian hadiah atas atas pembelian diatas Rp 50.000’-
2) parkir gartis bagi stiap pengunjung
3) pemberian kupon untuk makan gratis
3.
Pengambilan
keputusan secara kelompok
Untuk meminimalkan keterbatasan dan kelemahan dalam mengambil
keputusan maka keputusan dapat diambil melalui jalan berkelompok. Diantara
alternatif teknik pengambilan keputusan ini adalah dengan teknik cura ide,
teknik kelompok nominal, dan teknik Delphi.
TEKNIK CURAH IDE. Teknik ini dilakukan untuk memperoleh ide
sebanyak-banyaknya dari berbagai pihak agar alternatif keputusan semakin
banyak.
TEKNIK KELOMPOK NOMINAL. Teknik ini dilakukan dengan jalan bahwa
setiap individu diminta untuk menilai terlebih dahulu secara individual, lalu
dikemukakan dalam kelompok untuk didiskusikan, dan keputusan diambil
berdasarkan suara terbanyak.
TEKNIK DELPHI. Teknik ini hampir mirip dengan teknik nominal
diatas, perbedaannya adalah anggota dari kelompok adalah orang-orang yang secara
keahliannya telah ditentukan.
4.
keterbatasan
pengambilan keputusan secara berkelompok
Sekalipun keputusan secara berkelompok dapat meminimalisir biasanya
dalam pengambilan keputusan, akan tetapi juga mengandung keterbatasan terutama
jika setiap anggota kelompok memikili kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda.
No comments:
Post a Comment