Thursday, June 14, 2012

Tugas : Leni Puspita Sari


NAMA : Leni Puspita Sari (B03211016)
JUR/KELAS : Bimbingan Konseling Islam/ C1
TUGAS : Manajemen

DILEMA SEORANG MANAJER
Kehidupan manajer juga dipenuhi dengan serangkaian masalah-masalah besar ataupun kecil lainnya di mana manajer harus membuat keputusan tindakan apa yang harus diambil- atau paling tidak menugaskan orang lain untuk membantu memutuskan masalah tersebut. Pembuatan keputusan juga merupakan kunci kegiatan seorang manajer. Banyak seorang penulis dan manajer yang mengatakan bahwa “ pembuatan keputusan dan mepecah masalah”. Jadi seorang manajer bisa memecahkan masalah-masalh tersebut.
Manajer akan membuat tipe-tipe keputusan yang berbeda sesuai perbedaan kondisi dan situasi yang ada. Salah satu metode pengklasifikasian keputusan yang banyak digunakan adalah dengan menentukan apakah keputusan itu diprogram atau tidak. Maksudnya keputusan diprogram adalah keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan atau prosedur. Seperti masalahnya Tom yang mengenai “defisit usaha jutaan dolar”. Keputusan-keputusan ini rutin dan berulang-ulang.setiap organisasi mempunyai kebijaksanaan-kebijaksanaan tertulis atau tidak tertulis yang memudahkan pembuatan keputusan dalam situasi yang berulang dan dengan membatasi dan menghilangkan alternatif-alternatif. Sebagai contoh, manajer tidak perlu memikirkan masalah-masalah harian yang akan dihadapi, karena prosedur-prosedur untuk menangani masalah-masalah rutin telah tersedia.
Keputusan yang tidak diprogram maksudnya adalah, keputusan yang berkenaan dengan masalah khusus, khas atau tidak biasa. Bila suatu masalah yang timbul tidak cukup diliput oleh kebijaksanaan atau sangat penting, sehingga perlu penanganan khusus, harus diselesaikan dengan suatu keputusan yang tidak diprogram.
Manajer membuat suatu keputusan dengan metoda-metoda pembuatan keputusan imformal untuk memberikan pedoman bagi mereka. Misal: manajer dapat menggantungkan pada tradisi dan membuat keputusan sama seperti yang dibuat untuk masalah atau kesempatan serupa diwaktu yang lalu. Mereka juga dapat menarik wewenangnya dan membuat keputusan berdasarkan nasihat dari seorang ahli atau manajer atasannya.





Proses pembuatan keputusan rasional:
Pemahaman dan perumusan masalah, manajer sering menghadapi kenyataan bahwa masalah yang sebenarnya sulit ditemukan, atau bahkan sering hanya mengidentifikasikan gejala masalah bukan penyebab yang mendasar. Manajer dapat mempermudah identifikasi masalah dengan beberapa cara, yaitu: manajer secara sisitematik menguji hubungan-hubungan sebab-akibat, manajer mencari penyimpangan-penyimpangan atau perubahan-perubahan dari normal dan barang kali paling penting manajer berkonsultasi dengan pihak-pihak lain  yang mampu memberikan pandangan dan wawasan yang berbeda tentang masalah atau kesempatan.
Pengumpulan dan Analisa Data yang Relevan, setelah manajer menentukan dan merumuskan masalah, manajer mulai memutuskan langkah-langkah selanjutnya. Yang pertama manajer harus menentukan data-data apa yang akan dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan mendapatkan informasi tersebut.
Pengembangan Alternatif-alternatif, kemungkinan manajer menolak kecenderungan untuk membuat keputusan terlalu cepat dan membuat lebih mungkin pencapaian keputusan yang efektif.
Evaluasi Alternatif-alternatif, setelah manajer mengembangkan sekumpulan Alternatif, menajer harus mengevaluasinya untuk menilai aktivitas setiap alternatif. Pemilihan Alternatif terbaik, pembuatan keputusan merupakan hasil evaluasi berbagai Alternatif.
Implementasi keputusan, setelah Alternatif terbaik dipilih, manajer harus membuat rencana-rencana untuk mengatasi berbagai persyaratan dan masalah yang mungkin dijumpai dalam penerapan keputusan.
Evaluasi hasil-hasil keputusan, implementasi keputusan harus dimonitor terus menerus. Manajer harus mengevaluasi apakh implementasi dilakukan dengan lancar dan keputusan memberikan hasil-hasil yang diinginkan. Pembuatan keputusan adalah suatu proses yang bersifat kontinyu bagi manajer- dan merupakan tantangan yang harus selalu dihadapinya.

No comments:

Post a Comment