Wednesday, July 4, 2012

Pembahasan
1. Pengertian Jiwa
Dalam permasalahan ini al ghazali tidak banyak menyimpang dari apa yang telah digariskan oleh al- farabi, terutama ibnu sina. Menurut al – ghazali yakni jiwa dibagi menjadi 3 jenis jiwa yaitu :
a) Jiwa nabatiyyah adalah kesempurnaan awal bagi jisim alami yang organis dari segi makan, tumbuh dan melahirkan jenisnya. 
b) Jiwa hayawaniyyah adalah kesempurnaan awal bagi jisim alami yang organis dari segi mengetahui hal-hal yang kecil dan bergerak dengan iradah.
c) Jiwa insaniyyah adalah kesempurnaan awal bagi jisim alami yang organis dari segi melakukan perbuatan dengan ikhtiar akali dan istimbat dengan pikiran, dan dari segi mengetahui hal-hal yang umum.
Jiwa bagi al- ghazali adalah suatu zat(jauhar) dan bukan suatu keadaan atau aksiden (ardh). Jasad adanya bergantung pada jiwa bukan sebaliknya. Bagi al-ghazali jiwa yang berasal dari ilahi mempunyai potensi kodrat, yaitu kecenduerungannya dan keengganan kepada kekejian. Karena itu, kecenderungan jiwa kepada kejahatan (yang timbul setelah hadirnya nafsu) bertentangan dengan tabiat aslinya.
2. Hubungan Jiwa Dengan Jasad
Adapun hubungan jiwa dan jasad dari segi pandangan moral adalah setiap jiwa diberi jasad, sehingga dengan bantuanya jiwa bisa mendapatkan bekal bagi hidup kekalnya.karena jiwa merupakan inti hakiki manusia dan jasad hanyalah alat baginya untuk mencari bekal dan kesempurnaan karena jasad sangat diperlukan oleh jiwa  maka ia harus dirawat baik-baik. Dalam bahasa sederhananya menurut al-ghazali kedudukan jiwa dalam jasad bagaikan kedudukan  walikota dalam kota prajanya.
Semua yang ada pada jasad merupakan “pembantu jiwa” sebagian pembantu jiwa itu yang nyata ialah seperti tangan, kaki, bagian-bagian tubuh luar dan dalam yang lain. Adapun pembantu lain yang tidak terlihat dan dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :
a) Sumber bagi motif dan rangsangan yaitu : motif untuk mendapatkan yang bermanfaat disebut keinginan, dan  motif untuk menolak yang merusak dinamakan kemarahan
b) Kekuatan yang menggerakkan anggota badan ke arah benda yang diinginkan atau menjuhi benda yang dibenci yaitu : menyebar pada semua anggota tubuh khususnya pada otak dan syaraf.
c) Kemampuan menangkap pengetahuan yang terdiri dari dua macam alat yaitu : yang pertama ialah panca indera dan yang kedua ialah lima daya yang berada pada lima tempat di otak manusia.yakni daya khayal yaitu penggambaran atau representasi, daya simpan atau retensi, daya fikir, daya ingat, sensus communis (al-hiss al-musytarak). Semua indera dan daya ini juga ditemukan pada hewan-hewan. Adapun daya yang khas pada amnusia yaitu daya pencapai pengetahuan, yakni akal. Akal mengetahui kenyataan-kenyataan didunia ini dan di akhirat yang tak dapat ditangkap oleh indera. 
3. Keabadian Jiwa 
Dalam masalah keabadian jiwa tidak ada pebedaan pendapat dalam kalangan umat islam. Namun demikian al-ghazali telah mengemukakan dua dalil tentang keabadian jiwa yaitu dalil syar’i dan dalil akal.
Adapun dalil syar’i antara lain firman allah yang artinya “janganlah u mengira orang-orang yang terbunuh di jalan allah itu mati, tetapi mereka hidup, mendapat rezeki dari tuhanya dengan karunia yang diberikan-Nya kepada mereka”. Dan ajaran islam tentang “ampunan” dan “rahmat” hanya bagin orang yang kekal, tidak bagi yang fana. Dengan demikian pula sedekah yang diberikan dan doa yang diminta untuk yang telah meninggal termasuk dalam hal-hal yang telah menjadi aqidah umat islam bahwa jiwa itu kekal setelah berpisah denganm jasad.
Adapun dalil akal, maka pada umumnya al-ghazali mengambil dari ibnu sina antara lain :
Ø Ketunggalan jiwa . kata al-ghazali kefanaan itu adalah terurainya apa yang tadinya tersusun. Oleh karena itu jiwa pada hakikatnya tunggal, tidak terdiri unsur-unsur, maka tentunya tidak terurai, sehingga ia tidak fana tapi kekal.
Ø Kebebasan jiwa dari jasad. Dalil ini didasarkan pada hubungan jiwa dengan jasad. Hubungan ini kata al-ghazali bukan hubungan kemestian dan bukan pula hubungan sebab- akibat, sehingga tidak mesti jika jasad rusak maka jiwa juga harus rusak. Jasad sudah nyata rusaknya, sedangkan jiwa adalah jauhar rohani, bukan materi dan forma, sehingga ia tidak mungkin rusak, karena rusak itu bukan sifatnya.
4. Daya-daya Jiwa
Menurut al-ghazali pembagian jiwa yang meliputi : jiwa nabatiyyah, jiwa hayawaniyyah dan jiwa insaniyyah. Bahwasanya jiwa hayawaniyyah mempunyai dua daya yaitu :
1) Daya penggerak (al-quwwah al-muharrikah)
Daya ini merupakan dorongan untuk bergerak terhadap hal-hal yang dirindui, sehingga dilakukanya, atau terhadap hal-hal yang tidak disenangi atau ditakuti, sehingga dijauhinya. Jadi dalam daya ini terdapat dua hal yakni : dorongan dan gerak untuk berbuat.
2) Daya mengetahui (al-quwwah al-mudrikah) 
Dalam daya ini ada dua bagian yaitu: daya lahir dan daya batin. Daya yang lahir adalah panca indera, yaitu pendengaran, penglihatan,ciuman, rasa, sentuhan.dan yang batin adalah khayal, tafakkur, hafalan, ingatan dan waham.
Semua daya ini terdapat pada hewan dan manusia kecuali daya tafakkur yang hanya terdapat pada manusia saja.kemudian al-ghazali daya jiwa manusia dalam bentuk lain, atas pertimbangan bahwa sifat itu mengetahui hal-hal yang gaib. Dengan demikian jiwa memiliki dua daya yaitu : daya amali yang merupakan dasar penggerak bagi jasad manusia untuk melakukan ketrampilan, dan daya teori yang merupakan daya mengetahui hakikat ilmu yang abstrak, yaitu akal. Dengan daya ini orang menerima ilmu pengetahuan dari malaikat.
Penutup
Kesimpulan 
Jadi definisi jiwa menurut pemikiran al-ghazali ialah kesempurnaan awal bagi jisim alami yang orgsnis baik dari sisi nabatiyyah, hayawaniyyah, dan insaniyyah. Dan jiwa disini, mempunyai kemampuan memahami, sehingga segala perbuatan manusia didunia membawa makna dalam kehidupan manusia.
Jiwa menurut al-ghazali mempunyai daya-daya jiwa, daya-daya jiwa disini dibagi menjadi dua daya yaitu :
1) Daya penggerak yaitu : Dorongan dan gerak untuk berbuat.
2) Daya mengetahui yaitu  daya lahir dan batin.

DAFTAR PUSTAKA
 Daudy, Ahmad. Kuliah Filsafat, Jakarta: PT.Bulan Bintang, 1989
Nasution, Hasyimsyah.  Filsafat Islam, Jakarta:Gaya Media Pratama, 1999

No comments:

Post a Comment